Dokter Praktek Gigi Jogja Wajib Melakukan Hal Ini Ketika Menerima Pasien di Tengah Pandemi Corona

Dokter Praktek Gigi Jogja Wajib Melakukan Hal Ini Ketika Menerima Pasien di Tengah Pandemi Corona

Adanya pandemi covid 19 yang terjadi seperti saat ini, pada dasarnya melakukan pemeriksaan gigi bisa saja menjadi sesuatu hal yang tidak aman, karena memberikan peluang yang cukup besar adanya penularan virus Corona. Alasannya yaitu coronavirus bisa saja menular melalui droplet atau percikan cairan yang memiliki kandungan berupa virus dan keluar ketika penderita berbicara, bersin ataupun batuk.

Tips Melayani Pasien Ketika Corona

Bagi Anda yang berprofesi sebagai dokter, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak tertular virus Corona selama melayani pasien. Anda selaku dokter gigi Jogja tentunya juga tetap ingin melayani para pasien yang membutuhkan perawatan gigi dan mulut. Berikut ini tips yang bisa diperhatikan:

  1. Lakukan Skrining

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu skrining terhadap pada semua pasien yang datang ke klinik. Pastikan bahwa skrining tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur dalam edaran. Jangan pernah mengabaikan hal ini agar hal buruk tidak menimpa Anda selaku dokter.

  1. Gunakan Alat Pelindung Diri

Menggunakan alat pelindung diri bisa meminimalisir adanya penyebaran virus Corona. Tidak hanya dokter saja yang perlu menggunakan alat pelindung diri. Akan tetapi para pasien dan tenaga medis yang lainnya pun juga wajib menggunakan alat pelindung diri. Bagi para pasien maka diwajibkan untuk menggunakan masker dan cuci tangan ketika memasuki klinik.

  1. Berkumur Menggunakan Hidrogen Peroksida

Sebelum proses perawatan dilakukan maka pasien dapat diminta untuk berkumur menggunakan hidrogen peroksida 0,5 sampai 1% terlebih dahulu selama 15 hingga 60 detik. Cara ini akan menghindarkan dari paparan virus corona.

  1. Selalu Membersihkan Alat Kedokteran

Menjaga kebersihan juga wajib dilakukan oleh dokter gigi Jogja. Dengan membersihkan semua peralatan dokter gigi menggunakan natrium hipoklorit 5% dan perbandingan 1 banding 100 selama 1 menit. Untuk peralatan dokter dan semua benda bisa dibersihkan menggunakan etanol 70% dan wajib dilakukan sebelum proses sterilisasi menggunakan autoklave.

Dengan mengikuti beberapa prosedur aman yang ada di atas maka klinik praktek dokter gigi Jogja meskipun menerima pasien di tengah pandemi covid 19 tetap terjaga dengan baik. Paling tidak bisa meminimalisir adanya penyebaran virus.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*